Jumat, 06 Januari 2023

Belajar Akhlak Rasulullah

Belajar Akhlak Rasul Melalui Majelis Ilmu

Oleh: Syahdiardin

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ   اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ:  أَمَّا بَعْدُ

Dalam QS Yunus ayat 58 Allah berfirman

قُلْ بِفَضْلِ ٱللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا۟ هُوَ خَيْرٌ

 مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Katakanlah (Muhammad), "Dengan karunia dan rahmat Allah hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia dan rahmat Allah itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".

Dalam ayat di atas Allah memerintahkan Rasulullah s.a.w untuk menyampaikan kepada manusia agar bergembira dengan karunia dan rahmat Allah, karena karunia dan rahmat Allah itu lebih baik dari yang mereka kumpulkan. Karunia dan rahmat Allah itu lebih baik dari harta benda atau kekayaan yang mereka kumpulkan siang dan malam.

Para ahli tafsir menyebutkan, bahwa karunia dan rahmat Allah yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Islam dan Alquran, sehingga hendaklah kita bergembira menjadi ahli Alquran dan pengikut Nabi s.a.w. Dalam QS Al Anbiya ayat 107 Allah berfirman

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Dan tidaklah Aku mengutusmu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Allah menegaskan, bahwa diutusnya Muhammad s.a.w menjadi rasul merupakan rahmat bagi kita semua. Maka atas rahmat diutusnya rasullah s.a.w itu hendaklah kita merasa bergembira.

Bergembira atas diutusnya Nabi s.a.w artinya merasa senang dan bersuka cita serta bersyukur kepada Allah atas diutusnya Muhammad s.a.w sebagai pembawa manusia dari perilaku jahiliah kepada  perilaku akhlak mulia. Dalam HR Baihaqi dan Ibnu Saad dari Abu Hurairah r.a Rasulullah s.a.w bersabda

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak mulia.

Seseorang yang senang dan bahagia dengan  diutusnya Muhammad s.a.w akan  terlihat dari kehidupannya sehari-hari. Ia menyontoh akhlak mulia nabi, berusaha belajar bagaimana akhlak mulia nabi, dan kemudian menerapkannya dalam setiap aspek kehidupannya.

Lalu bagaimana dan seperti apa akhlak Rasulullah itu? Dalam HR Ahmad dikatakan, bahwa Saad bin Hisyam bin Amir bertanya kepada isteri nabi Aisyah r.a tentang akhlak nabi, maka Aisyah r.a berkata:

كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

Akhlak nabi itu adalah Al-Quran.

Jadi jika ingin berakhlak seperti akhlak Rasulullah, maka wajib berpedoman pada Al-Qur’an, wajib mempelajari dan meamahami isi dn makna ayat-ayat Al-Qur’an. Oleh sebab itu di setiap masjid hendaknya diadakan kegiatan pengajian, karena tidak cukup hanya dengan mendengar khutbah jum’at saja untuk mempelajari Al-Qur’an, apalagi jika khutbah jum’at diikuti sambal tertidur.

Tentu tidak mungkin kita berkata cinta rasul, tapi kita enggan mengikuti akhlak rasul, sedangkan akhlak rasul itu adanya dalam Al-Qur’an dan Sunnah beliau.

Rasulullah s.a.w telah menegaskan dengan sabda beliau dalam HR Al-Hakim

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا  كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

Aku tinggalkan kepada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya selama kamu berpegang pada keduanya, yaitu kitab Allah (Al-Quran) dan Sunnahku.

Kita dapat belajar Al-Quran dan Sunnah (hadis) kepada para ulama, ustadz, da’i atau guru-guru kita. Bagi yang mampu belajar langsung dari kitab silahkan baca kitab para ulama, sedangkan bagi yang belum mampu maka pilihannya, kita harus mengikuti pengajian yang dilaksanakan oleh takmir masjid.

Pengajian di masjid atau rumah Allah sangat besar keutamaannya. Dalam HR At Tirmizi dan Abu Daud Rasulullah bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا، سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ

Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.

Karenanya marilah kita mengaji, jika ada pengajian, ada tabligh akbar seperti peringatan maulid nabi datangilah, karena setiap langkah kaki kita ke masjid untuk mengikuti pengajian sangat besar pahalanya dan akan memudahkan jalan kita  menuju syurga. Di setiap pengajian di masjid disitulah terdapat rahmat Allah, dan hanya dengan rahmat Allahlah seseorang dapat masuk syurga. Kata Rasulullah dalam HR Muslim:

 لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَلَا يُجِيرُهُ مِنَ النَّار وَلَا أَنَا، إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنَ اللَّه

Tidak seorang pun dari kalian yang dimasukkan ke surga karena amalnya dan tidak juga diselamatkan dari neraka karenanya, tidak juga aku, kecuali karena rahmat Allah.

Itulah pentingnya rahmat Allah, karena seseorang masuk syurga karena rahmat Allah yang hanya bisa didapat dari mengamalkan syari’at agama-Nya sesuai Al-Qur’an dan Sunah yang didakwahkan oleh para ulama. Oleh sebab itu mari kita ikuti pengajian-pengajian di masjid. Minimal kita dapat memperbaiki ibadah shalat kita, menyempurnakan wudhu’, rukun, kaifiat (tatacara), dan bacaan shalat kita. Semakin besar keinginan untuk belajar menyempurnakan setiap ibadah dan mu’amalah kita, menunjukkan semakin tinggi rasa gembira kita atas lahirnya utusan dan kekasih Allah, Nabi kita Muhammad s.a.w.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar